Call Us : ( +62 )85640995552
Senin - Sabtu : 08.00 - 24.00

KUYANG, SETAN SILUMAN PEMANGSA JANIN

 
Di setiap penjuru nusantara, memiliki cerita legenda hantu tersendiri. Salah satunya adalah pulau Kalimantan. Sebagian masyarakat di salah satu pulau terbesar di Indonesia ini tentu sudah tidak asing dengan legenda Kuyang.
Kuyang sendiri sebenarnya bukanlah hantu, melainkan perwujudan makhluk jadi-jadian (siluman) seorang wanita yang sedang mempelajari ilmu hitam yang bertujuan untuk mendapatkan umur panjang dan awet muda.
Di siang hari, wanita penuntut ilmu hitam Kuyang tampil seperti biasa. Namun saat malam hari, wanita tersebut akan berubah wujud untuk mencari mangsa. Berupa ari-ari, darah dan janin bayi demi menyempurnakan ilmu hitam yang mereka jalani.
Saat menampakkan diri, Siluman Kuyang sangat menyeramkan, yaitu hanya kepala dengan organ tubuh yang terurai dan terbang melayang mencari mangsa ke rumah-rumah penduduk yang diketahui terdapat wanita hamil atau baru melahirkan.
Oleh karenanya, pada jaman dulu, masyarakat di sejumlah daerah di Kalimantan percaya, wanita yang sedang hamil harus tidur menggunakan kelambu agar tidak diganggu Siluman Kuyang. Gadis yang sedang haid juga harus segera membuang pembalutnya jika tidak ingin didatangi Siluman Kuyang.
Meski memiliki penampilan seperti wanita pada umumnya di siang hari, namun masyarakat Kalimantan percaya Siluman Kuyang bisa dikenali dari ciri-ciri yang ada. Seperti goresan melingkar di leher yang biasanya ditutupi oleh selendang.
Masyarakat juga percaya kehadiran Siluman Kuyang bisa ditangkal dengan memukul peralatan dapur seperti wajan dan panci. Sebab Siluman Kuyang konon takut dengan suara bising yang datang dari peralatan dapur yang dipukul.